Rabu, 26 Oktober 2016

Inilah Isi, Sejarah dan Makna Teks Hari Sumpah Pemuda

Inilah Isi, Sejarah dan Makna Teks Hari Sumpah Pemuda


BeritaSakti-Tidak lama lagi bangsa Indonesia akan berjumpa dalam sebuah hari yang sangat bersejarah untuk negeri tercinta, yakni Hari Sumpah Pemuda, yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah pemuda merupakan sebuah ratifikasi yang isinya adalah memuat tekad serta semangat persatuan para pemuda Indonesia. Lahirnya Sumpah Pemuda jelas memiliki sejah tersendiri. Sumpah Pemuda lahir berawal dari diadakannya sebuah kongres pemuda yang dihelat pada tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober 1928 silam di Jakarta.


Kongres tersebut adalah pertemuan para pemuda dari berbagai daerah yang ada di Indonesia mulai Sabang hingga Merauke yang sebelumnya telah mempersatukan diri pada organisasi pemuda daerah. Pada kongres yang dihelat, para pemuda Indonesia telah menyepakati untuk bergabung tanpa melihat dari asal suku, agama maupun organisasi. Persatua yang dibentuk oleh para pemuda ini disatukan pada sebuah ikrar yang sangat bersejarah dan ikrar tersebut tidaklah lain adalah Sumpah Pemuda.

Semenjak saat itulah persatuan Indonesia pun terus digaungkan oleh para pemuda nusantara demi meraih cita-cita Indonesia untuk merdeka. Berangkat dari situ lah kemudian pada setiap tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Dan isi dari sumpah pemuda dalam kongres yang sudah dihelat tersebut pada intinya adalah para pemuda Indonesia mengaku akan satu nusa, satu bangsa dan juga satu bahasa, yakni Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini isi dari sumpah pemuda :

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengakui berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia

Isi sumpah pemuda di atas adalah yang sesuai dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan. Adapun sebelum itu isi teks sumpah pemuda yang belum disempurnakan bunyinya sama saja hanya memang ejaannya yang belum sesuai dengan EYD. Berikut ini isi dari Sumpah Pemuda yang asli sesuai naskah putusan kongres pemuda dan belum disempurnakan :

Kami poetra dan poetri Indonesia mengaokoe bertoempah darah jang satoe tanah Indonesia
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe bangsa Indonesia
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean bahasa Indonesia
 

0 komentar:

Posting Komentar